Don't Miss
Home » flashnews » Mahasiswa Fisika Tembus Program Kewirausahaan DIKTI

Mahasiswa Fisika Tembus Program Kewirausahaan DIKTI

Berwirausaha atau berusaha merupakan kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapapun, usaha tidak mengenal usia para pelakunya, usaha secara langsung maupun tidak ternyata dapat menambah kemampuan komunikasi, manajemen, pengorganisasian, pengawasan, evaluasi hingga kemampuan analisis. Beberapa orang memilih wirausaha untuk beberapa alasan, diantaranya karena ajakan pihak lain, menambah penghasilan, bahkan karena tidak ada pilihan lain. “Usaha itu biar dapat uang banyak” ungkap Co.Ass Lab. Fisika yang sekaligus menjadi ketua salah satu kelompok dari lima kelompok di IKIP Mataram, yang didanai pada Program Pendidikan Kewirausahaan dari DIKTI Kopertis wilayah VIII (wilayah Bali Nusra). Ria Liskaningsih atau yang akrab dipanggil Ria, kini tengah memulai usaha Kerajinan tangan (handicraft).

Fisika-KWU

Dari kiri ke kanan: Irham Azmi dan Aryati Liskaningsih

Ditengah sela-sela kesibukan mereka menyempatkan diri untuk membuat Proposal Program Pendidikan Kewirausahaan, yang membawa mereka hingga mendapatkan modal usaha sampai 15 juta itu, “proposal itu dapat saya buat hanya dalam sehari” celtukan Irham Azmi sebagai anggota kelompok, “namun karena sedang PPL/KKN waktu itu sehingga kami harus membagi waktu” tambahnya yang juga mantan ketua HMJ-Fisika periode yang lalu. Usaha kerajinan tangan (handicraft) dari kain perca sisa jahitan (limbah jahit) sudah lama ingin mereka lakoni, namun karena keterbatasan dana yang mereka miliki membuat mereka menunda untuk memulainya, hingga mendapat bantuan modal usaha dari kopertis wilayah VIII.

Ide usaha itu tumbuh karena mereka melihat limbah jahitan di tailor-tailor yang dibuang begitu saja, berkat kemampuan mereka membaca peluang, kini usaha mereka sudah masuk ketahap produksi. Berbagai macam produk kini sedang mereka produksi salah satunya yaitu bros, ini sangat menarik dan unik (penilaian pribadi) bros pada umumnya dari mutiara, yang tentunya sangat mahal dan sudah biasa, namun bros yang dibuat oleh mahasiswa-mahasiswi yang sedang menyusun proposal penelitian untuk tugas akhir ini, sangat unik dan menarik juga dengan harga yang sangat terjangkau sehingga dapat dikonsumsi oleh semua kalangan.

Layaknya pelaku usaha lainnya mahasiswa fisika semester tujuh ini juga ingin agar usahanya tumbuh dan berkembang. Yang jelas, selama niat baik dan keinginan itu tetap ada maka akan ada jalan keluar yang diberikan Allah. Kemampuan masing-masing orang yang berbeda dalam membaca peluang usaha mejadikan usaha itu bervariasi dan di berbagai bidang. Menjadi pengusaha dan tetap berprestasi adalah sebuah tuntutan untuk para pelakunya. modal utama untuk usaha yang ingin maju dan besar adalah dengan tetap mengedepankan inovasi, menjaga kualitas dan peningkatan pelayanan. Selamat Irham dan Aryati. Indonesia menunggumu sebagai pengusaha yang ulet dan terpelajar.

-Joni Syaputra-